My photo
Bekasi, 17 Januari 1994 SMAN 14 JAKARTA

Alasan Anda Tidak Perlu Membayar Untuk Facebook?

foto berita artikel

Jutaan pecandu Facebook di seluruh dunia khawatir bahwa suatu saat nanti mereka akan segera harus membayar untuk menggunakan situs ini. Jika anda mengetik “Facebook Free” atau “Facebook Charge” di kolom pencarian Facebook maka anda akan menemukan ratusan kelompok dengan nama seperti itu. Salah satunya berjudul "If 1 Million People Join Before 9th July 2010 Facebook Will Stay Free!". Saat konferensi pers baru-baru ini, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan sementara pengguna Facebbok peduli tentang privasi, sebuah pertanyaan apakah ya atau tidak akhirnya Facebook akan mengenakan biaya untuk layanan ini sebenarnya menjadi perhatian yang jauh lebih besar diantara 500 juta pengguna.
Apakah ketakutan ini akan menjadi nyata? Tidak! Facebook tidak akan pernah menagih anda untuk menjadi anggota dan menggunakan situs. Juru bicara Facebook Larry Yu menjelaskan “kami sama sekali tidak berencana untuk memungut biaya untuk layanan dasar menggunakan Facebook. Tahun lalu kami melihat desas-desus serupa beredar bahwa Faceboook akan menagih $1.99 untuk menggunakan situs ini, tetapi tahun ini kita mendengar biaya meningkat menjadi $14,99 dengan penyebaran rumor ini. Kami berharap dapat mendengar Facebook mungkin dirumorkan memungut biaya tahun depan.” Jika anda bertanya kepada karyawan Facebook dalam hal ini, mereka akan memberi anda alasan mereka tidak akan mengenakan biaya untuk akses adalah memasang sebuah tembok yang bertentangan dengan misi perusahaan untuk membuat dunia lebih terbuka dan terhubung.
Namun jelas disini Facebook memiliki motif dibalik sikap tersebut, karena Facebook membuat uang dengan membawa bersama sebagian besar pengguna sebanyak mungkin dan kemudian menjual perhatian pengguna kepada pengiklan. Ini adalah hal bisnis yang bekerja, Facebook harus mendapat $2 Miliar pada pendapatan tahun ini, itu lebih dari dua kali lipat dari yang dihasilkan perusahaan ini tahun lalu. Jika Facebook mulai memberikan biaya maka keanggotaan akan mulai menyusut cepat dan dengan demikian berdampak pada pendapatan mereka. jadi sementara Facebook akan mengenakan anda biaya untuk fitur bonus tertentu, seperti hadiah untuk teman-teman anda atau kredit bermain game seperti FarmVille, tidak akan pernah ada biaya untuk akses dasar situs ini. Lalu mengapa sebagian orang khawatir dengan hal ini? Mungkin karena pengguna FB merasa mendapat sesuatu yang berharga secara gratis, dan semua orang tahu tidak ada hal seperti makan siang gratis. Untuk diingat faktanya bahwa anda terus datang ke Facebook membuat Facebook lebih mudah menjual lebih banyak iklan dan tentunya lebih banyak uang. Jadi makan siang anda pun ternyata tidak gratis, tetapi disponsori.

No comments:

Post a Comment


ShoutMix chat widget